5 Macam Administrasi sekolah Harus Ada Di Sekolah

5 Macam Administrasi sekolah Harus Ada Di Sekolah- Selamat berjumpa kemali dengan admin, Udah beberapa hari ini admin belum sempat untuk berbagi informasi di web galeriguru.net. Karena seperti bisa sibuk dengan kegiatan di sekolah. Dan Insallah di kesempatan ini admin akan berbagi sedikit informasi mengenao 5 macam administrasi harus ada di sekolah? Apa saja dari kelima administrasi yang harus ada di sekolah.

5 Macam Administrasi sekolah Harus Ada Di Sekolah

Sebelum membahasa satu persatu alangkah baiknya admin jelaskan terlebih dahulu apa itu administrasi sekolah. Administrasi sekolah adalah segala upaya bersama untuk memanfaatkan sumber-sumber pesonal ataupun material yang efektif dan juga efisien agar menunjang tercapainya tujuan pendidikan sekolah dengan optimal. Kalau dari pengertian secara prinsip umumnya dari administrasi sekolah ini adalah administrasi sekolah sifatnya lebih praktis dan fleksibel, sehingga bisa dilaksanakan sesuai dengan berdasarkan kondisi maupun situasi yang nyata di sekolah. 

Dengan demikian bahwa administrasi sekolah itu pada dasarnya bahwa administrasi di sekolah memiliki beberapa macam (komponen) yang harus dikita perhatikan dan wajib ada di sekolah. Dari ke lima macam itu adalah sebagai berikut:
  1. Administrasi Kesiswaan = => Yang di maksud administrasi kesiswaan ini adalah bertujuan untuk memberikan informasi siswa yang bisa menjadi lulusan yang di inginkan oleh dari tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan dan bisa berlangsung dengan efektif serta efisien. Adapun administrasi kesiswaan ini berhubungan dengan pembinaan siswa di sekolah hingga siswa menyelesaikan pendidikan melalui suasana yang kondusif dalam proses belajar mengajar. Sementara untuk fungsinya adalah merencanakan jumlah siswa yang bisa diterima dalam tahun ajaran baru, mengetahui secara pasti kondisi siswa dan memberikan masukan kepada RAPBS. Selain itu juga kegiatan yang dijalani dalam administrasi sekolah adalah : Penerimaan siswa, pembinaan Siswa dan tamat belajar siswa.
  2. Administrasi Sarana dan Prasarana = => Untuk sarana dan prasarana disini adalah yang berkaitan dengan semua benda bergerak ataupun tidak bergerak yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar. Adapun kegiatan dari administrasi sekolah dari sarana dan prasarana adalah untuk merencanakan kebutuhan, mengadakan saran dan prasarana pendidikan, menyimpan sarana dan prasarana, inventarisasi saran dan prasarana.
  3. Administrasi Personal = => Untuk administrasi personal ini yaitu golongan petugas yang membidangi baik itu kegiatan edukatif maupun non edukatif. Personal dari edukatif adalah mereka yang memiliki tanggung jawab di dalam proses belajar mengajar, seperti guru dan konselor. Sedangkan untuk Edukatif non personal adalah para petugas tata usaha maupun penjaga (para pesuruh sekolah, satpam)
  4. Administrasi keuangan = => Administrasi keuangan adalah komponen bagian dari tata usaha serta tindakkan keuangan yang di dalamnya meliputi perencanaan, pencatatan dana, laporan, pelaksanaan dan juga tanggung jawab keuangan.
  5. Administrasi Kurikulum = => Bagian terakhir adalah administrasi kurikulum dari administrasi kurikulum ini bertujuan untuk melakukan pencatatann pelaksanaan kurikukulum nasonal dan juga memberikan deskripsi sajian pokok bahasan setiap mata pelajaran tiap semester. Menyediakan jabaran kurikulum masing-masing pelajaran, menyediakan kurikulum untuk peganagan para pengajar maupun merencanakan pelaksanaan pembelajaran di setiap pelajaaran dalam tingkatan kelas.
Itulah penjelasan singkat dari admin tentang 5 Macam Administrasi sekolah Harus Ada Di Sekolah, semoga jadikan wawasan tentan administrasi sekolah sebagai penunjang kelengkapan proses belajar mengajar. Sekian dari admin dan terimakasih.

0 Response to "5 Macam Administrasi sekolah Harus Ada Di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel