Dampak Positif Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komuikasi

Dampak Positif Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komuikasi - Kemajuan akan dunia teknologi informasi dan komunikasi  (TIK) dewasa ini telah meningkat, Sehingga kemajuan yang telah dicapau oleh manusia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi merupakan sesuatu yang harus kita syukur. Karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan kita dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan kemajuan yang telah dicapai membawa dampak positif. Di antara kemajuan dunia TIK juga dapat membawa dampak negatif bagi seseorang (kita) sebagai pengguna.

Dampak Positif Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komuikasi

Dan kami akan menguraikan beberapa points penting dari dampak secara positif atau keuntungan dengan adanya perkembangan dunia Teknolog Informasi Dan Teknologi sekarang ini. Adapun dampak positif dari TK sebagai berikut:
  1. Memudahkan orang dalam berkuminikasi dan memperoleh informasi - TIK saat ini sangat berkaitan erat dengan internet. Bahkan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa wujud dari TIK adalah internet. Dan anggapan ini memang benar, namun juga tidak tepat, Sebagai salah satu wujud teknologi hasil konvergensi (Penyatuan/gabungan) antara teknologi informasi dan telekomumikasi, internet menawarkan banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Jika di masa lalu antaraindividu dihadapkan pada terbatasnya media komunikasi maka dengan internet persoalan jarak. waktu, modus dan bentuk informasi tidak lagi menjadi isu persoal.
  2. Memuka peluang bisnis baru-Artinya bahwa fenomena perubahan seiring maraknya internet adalah menjamurnya bisnis yang berbasis online (internet), kita bisa ambil contoh site yag terkenla detik.com, semacam google, yahoo, amazone dan yang lainnya semua itu sudah familiar di kalangan bisnis dan pengguna TIK. Pada awal tahun 1999 hingga akhir tahun 2000, dunia bisnis pernah terjadi dan mengalami booming dotcom, yaitu suatu model bisnis baru yang telah berkembang dengan menggunakan layanan internet sebagai sarana dan media transakasi.
  3. Mendorong tumbuhnya proses demokarasi. Dorongan dengan adanya TIK yang dapat dirasakan secara demokrasi adalah dengan memudahkan adanya fasilitasi TIK efek positif yakni semua bebas menjadi sumber informasi untuk memberi dan mencari informasi. 
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantintas layanan publik. hal yang paling penting dari semua adalah dampak TIK tidak hanya melanda perusahaan atau suatu organisasi privat saja atau swasta saja. Akan tetapi dengan adanya TIK dapat mendorong serta melihat peningkatan dari kuantintas dan kualitas bagi masyarakat banyak (publik) pada masa sekarang ini dapat menggunakan layanan internet secara mudah dan cepat.
  5. Meningkatkan Layanan Informasi kesehatan jarak jauh (telemedicine) adalah suatu bidang kesehatan memerlukan TIK untuk informasi dan pemahannya. Ada banyak cara yang dapat diterapkan dalam bidang kesehatan untuk menerapkan TIK, diantaranya adalah TIK digunakan untuk memfasilitasi konsultasi, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh yang suda ada di negara-negara berkembang.
  6. Memperbaiki pendidikan E-Learning-Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut dengan istilah E-learning. 
  7. Mengembangkan Kemampuan dan kesadaran masyarakat-bahwa perkembangan kemampuan biasanya berkaitan dengan pembinaan keterampilan dan kemampuan dasar organisasi atau individu untuk membantu mereka mencapai tujuan pembangunan warung informasi.
  8. Memperkaya kebudayaaan
  9. Menunjang Pertanian
  10. Menunjang Lapangan kerja
Dari 10 point tentang dampak positif bagi pengguna Teknologi informasi dan komunikasi, memang sekarang ini masyarakat luas tidak bisa di jauhkan dengan layanan internet. Karena dengan layanan internet mereka (masyarakat) dapat mencari informasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dan perlu kita ingat selain ada dampak positif dari penggunaan TIK ini juga ada dampak negafinya. Apa saja dampak negatifnya. Insallah pembahasan pada artikela selanjutnya, kami akan menguraikan sedikti tentang dampak negatif dari penggunan TIK.

Terimakasih dan semoga menjadi wawasan tentang dampak positif dari TIK, dan kita sebagai pengguna harus pinter-pintar memilih dan mencari informasi melalui internet agar segala kekurangan kita tiap hari bertambah dan mengerti apa yang sedang di pelajari.

0 Response to "Dampak Positif Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komuikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel