Kaidah-kaidah Dalam Pembuatan Rpp Di Kurikulum 2013

Kaidah-kaidah Dalam Pembuatan Rpp - Setiap sekolah memiliki perangkat pembelajaran yang telah di susun oleh setiap guru berdasarkan pembelajaran yang diajarkan kepada peserta didik. Diantara perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru yang paling menonjol adalah perangkat pembelajaran Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp). Mungkin di antara para guru sudah memahami cara penyusunan Rpp dengan melihat kaidah-kaidah yang telah ada. Dan ada juga yang belum memahami sama sekali cara penyusunan Rpp, karena pertama kali terjun menjadi seorang guru. 
Kaidah-kaidah Dalam Pembuatan Rpp Di Kurikulum 2013

Bagi rekan guru yang memang baru terjun menjadi seorang guru belum memahami cara pembuatan Rpp baik itu Rpp di kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Dan kami menyadari sebagai admin, bahwa setiap pembuatan Rpp setiap masing-masing individu sedikit berbeda antara mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain. Berdasarkan pengalaman yang ada, bahwa untuk membuat Rpp itu ternyata tidaklah semabarangan. Karena ada beberapa kaida-kaidah yang harus kita (anda) cemati dan penuhi. 

Dan dibawah ini akan kami uraikan beberapa kaidah-kaidah dalam pembuatan Rpp menurut kemdikbud antara lain adalah sebagai berikut:
  • Rpp merupakan terjemahaan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah di kembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran
  • Rpp dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal siswa, keinginan atau minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi dan gaya belajar
  • Rpp mengharuskan partisipasi aktif siswa
  • Rpp sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 untuk menghasilakan siswa-siswi yang mandiri dan tak berhentik belajar
  • Rpp mengembangkan budaya membaca dan menulis
  • Proses pembelajaran dalam Rpp dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, memahami beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  • Rpp Memuat rancangan program pemberian umpan baik positif, penguat, pengayaan, remedi dan kemampuan balik
  • Rpp disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar
  • Rpp disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi dan komunikasi secara ternetegrasi, sistematis dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. 
Dengan dengan adanya kaidah-kaidah dalam penerapan pembuatan Rpp, diharapkan mampu dan mengembangkan proses pembelajaran di kelas. dan untuk lebih jlasnya lagi bagaimana sih Rpp yang benar dibuat. Silahkan bagi rekan guru yang ingin melihat rpp perangkatp pembelajaran ini sebagai contoh Rpp kurikulum 2013 untuk jenjang SMP dari mata pelajaran bahasa Matematika.


Itulah yang dapat kami informasikan secara singkat dan padat tentang Kaidah-kaidah Dalam Pembuatan Rpp, semoga menjadi wawasan bagi kita dalam pembuatan rpp tiap mata pelajaran di sekolah. Terimakasih


0 Response to "Kaidah-kaidah Dalam Pembuatan Rpp Di Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel